BAB II
ASPEK PASAR
A. Bentuk Pasar dan Analisis Karakteristik Konsumen
Pasar
merupakan tempat bertemunya antara penjual dan pembeli, atau saling bertemunya
antara kekuatan permintaan dan penawaran untuk membentuk suatu harga. jadi ada
tiga faktor utama yang menunjang terjadinya pasar, yaitu orang dengan segala
keinginannya, daya beli, serta tingkah
laku dalam pembelian. Mengamati pasar, berkaitan dengan pasar yang fokus pada
bisnis dibidang teknologi. Khususnya pasar penjualan laptop/notebook dalam
beberapa tahun terakhir semakin meningkat. Hal ini, dapat diamati dilapangan
dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat dalam keseharian. Keinginan
masyarakat, mahasiswa, pelajar dan pengusaha menggunakan laptop dalam menjalani
aktivitas keseharian, menjadi fenomena menarik dalam meningkatnya produksi
laptop/notebook dalam berbagai merek. Melihat perkembangan dan pertumbuhan
laptop/notebook dipasaran, maka akan kita temukan jenis dan bentuk
laptop/notebook dalam berbagai bentuk, kelebihan dan keunikannya. Keinginan
masyarakat akan kebutuhan laptop dalam membantu pekerjaan membuat
perusahaan-perusahan produksi laptop memikirkan strategi penjualannya
dipasaran, baik dari segi kreatifitas, inovatif dan kegunaan perusahaan saling
bersaing dalam meningkatkan pelayanan dan penjualan laptop/notebook. Strategi
yang dilakukan, dengan memberikan discount, hadiah, bonus dan asesoris
laptop/notebook, baik itu mouse, tas, dan sarung laptop/notebook.
Keberadaan
sarung laptop/notebook cukup menarik dalam penjualannya, karena dalam penjualan
laptop/notebook, hanya notebook yang mendapatkan sarung. sebaliknya pada
pembelian laptop pembeli langsung mendapatkan tas sebagai bonus/hadiah. Fakta
dilapangan, tas laptop tidak begitu digemari oleh konsumen, hal ini dapat
dilihat keinginan dan banyaknya konsumen yang membeli sarung laptop, yang lebih
praktis, sederhana dan menarik jika dibandingkan tas laptop yang berbentuk
formal dan tidak menarik.
Pada
dasarnya daya beli masyarakat akan laptop cukup tinggi, hal ini didasari oleh
keinginan, kebutuhan dan kemampuan beli masyarakat akan laptop. Harga laptop
yang bervariasi akan mempengaruhi daya beli konsumen. Di lain sisi, penjualan asesori laptop juga
bervariasi, hal ini dapat diamati dari penjualan sarung laptop yang menarik dan
unik dengan harga yang juga bervariasi. Akan tetapi, untuk harga sarung laptop
di pasaran masih cukup tinggi atau mahal, dengan harga jual mulai dari Rp
100.000,- s.d Rp. 300.000,-. harga sarung laptop yang cukup tinggi akan
mempengaruhi daya beli masyarakat, maka sesuai fenomena ini harga dan bahan
baku harus sesuai dengan harga dan kemampuan atau daya beli masyarakat akan
produk sarung laptop dari serabut kelapa.
Selain
itu, tingkah laku pembeli akan berpengaruh besar terhadap produk yang ditawarkan.
dengan dipengaruhi tingkat harga, pembeli juga akan menganalisis kemampuan dan
daya beli berdasarkan ketahanan, kualitas, bentuk, merek, keunikan dan
kemenarikan sarung laptop. dalam mengamati tingkah laku pembeli, produksi
sarung laptop akan diproduksi berdasarkan keinginan dan kemampuan atau daya
beli, yang didasarkan atas, kualitas, kreatifitas dan inovatif dalam bentuk dan
pengemasan produk.
Disini
bentuk pasar dalam produk bisnis kelompok studi kelayakan bisnis adalah, bentuk
“Pasar Pesaingan Sempurna” dimana pada pasar pesaingan sempurna ini adalah
aktifitas pesaing tidak tampak karena tidak terbatasnya jumlah produsen
(sehingga pangsa pasar menjadi terkotak-kotak atau kecil-kecil) dan konsumen
dapat menjual atau membeli beberapa saja tampa ada batas asal bersedia membeli
atau menjual pada harga pasar.
1. Jenis Usaha: Sarung Laptop dari
Serabut Kelapa
Penjualan
dan penggunaan akan sarung laptop semakin dibutuhkan oleh masyarakat, termasuk
Indonesia. Baik itu dikalangan anak-anak, remaja, dan orang dewasa di kota
Padang yang menggunakan laptop sebagai media untuk menyelesaikan tugas, baik
sekolah, kuliah dan perkantoran. Pentingnya peranan laptop dalam kehidupan
keseharian membuat masyarakat, baik pelajar, mahasiswa dan pegawai atau
karyawan seringkali membawa laptop kemanapun karena praktis dan dapat digunakan
kapanpun dan dimanapun, melihat fenomena ini sarung laptop yang praktis dan
dapat dipakai dengan mudah mulai sangat dibutuhkan untuk dapat melindungi
keadaan laptop agar tetap awet dan dalam kondisi yang baik. Melihat kebutuhan
sarung laptop yang kuat, praktis dan dapat melindungi keadaan dan kondisi
laptop, maka peluang bisnis ini memiliki pangsa pasar yang sangat sangat besar,
selama laptop dibutuhkan dalam kebutuhan kerja akan membuat penjualan akan
laptop selalu meningkat sehingga kebutuhan akan sarung laptop menjadi penting
dalam penjualannya.
2. Lokasi Pabrik dan Tempat Usaha:
Lokasi
Pabrik sekaligus lokasi tempat usaha akan di dirikan di daerah Tunggul Hitam,
jalan Dadok Padang. Sedangkan untuk tempat usaha pilih berdasarkan analisis dan
pengamatan dilapangan, lokasi usaha sangat strategi karena berada dikawasan
pusat kota. Akses yang mudah, dilewati dua jalur utama angkutan umum kota
Padang, dan banyaknya pelanggan potensial dari mahasiswa UNP maupun Bung Hatta
dan STIKES yang berada tidak jauh dari lokasi.
3. Strategi yang Digunakan:
Differensiasi suasana.
Setelah
melakukan survey dan pengamatan ke berbagai toko penjualan laptop khususnya di
Kota Padang, berkaitan dengan penjualan sarung laptop. Penjualan laptop selalu
diiringi dengan pemberian tas laptop, sedangkan untuk sarung laptop hanya
diberikan untuk penjualan notebook namun hanya untuk produk-produk notebook
tertentu saja. Melihat peluang ini kami merasa produk yang kami tawarkan dapat
memenuhi kebutuhan akan sarung laptop, mengamati penjualan sarung laptop yang
cukup mahal maka kami yakin penjualan akan sarung laptop dan notebook dari
serabut kelapa memiliki prospek yang bagus terutama untuk mahasiswa dan
pelajar. Kami menawarkan harga yang lebih rendah, sehingga seluruh pelanggan
baik pelajar, mahasiswa, dan karyawan dapat menjangkau dan membeli sarung
laptop dari serabut kelapa.
Differensiasi
suasana yang kami tawarkan adalah pada desain dan bentuk. Desain sarung laptop
yang akan kami tawar akan diambil dari gambar-gambar dan bentuk yang menarik.
Baik dari corak warna dan gambar yang
akan membuat suasana hati pemilik sarung laptop menjadi senang dan ceria serta
dengan bentuk yang sederhana sampai dengan bentuk yang unik dan menarik
sehingga memberikan nuansa rileks, bangga dan ceria pada pemilik sarung laptop
yang ditawarkan.
B. Permintaan dan Penawaran
Analisis
permintaan terhadap penjualan sarung laptop, akan menghasilkan perkiraan
terhadap produk sarung laptop, karena merupakan suatu alat yang penting dalam
manajemen perusahaan atau usaha. Permintaan dapat diartikan sebagai jumlah
barang yang dibutuhkan konsumen yang mempunyai kemampuan untuk membeli pada berbagai
tingkat harga. harga sarung laptop dari
serabut kelapa mulai dari harga Rp 65.000,- s.d Rp 100.000,-. usaha sarung
laptop dari serabut kelapa berusaha mempertimbangkan harga yang terjangkau
sehingga permintaan atau kuantitas produk akan naik/meningkata. Dan
mempertimbang dari perkiraan penjualan, perusahaan dapat memperkirakan anggaran
perusahaan, yaitu tenaga kerja yang dibutuhkan, alat-alat produksi, ketersedian
bahan mentah dan daya tamping gudang.
Di
sisi lain, penawaran terhadap produk sarung laptop ditawarkan dalam berbagai
tingkat harga yang bervariasi, dengan
bentuk dan corak yang menarik serta unik. dalam penawaran produk sarung laptop dari
serabut kelapa, tingkat harga akan dipengaruhi factor produk itu sendiri, Harga
barang, yaitu harga sarung laptop lainnya. Dalam produksi dan penjualan sarung
laptop dari serabut kelapa akan dipengaruhi oleh harga produk lainnya. Permintaan dan penewaran akan produk baru dan
lama menciptakan persaingan dalam memenuhi kepuasan dan kebutuhan konsumen.
harga produk akan sangat mempengaruhi penjualan produk sarung laptop dari serabut kelapa dengan produk
sarung laptop yang telah ada.
Biaya
faktor produksi, dalam hal ini berkaitan dengan biaya yang dikeluarkan
perusahaan atau bisnis dalam proses
produksi. pengeluaran dalam biaya produksi akan mempengaruhi penjualan sarung
laptop serabut kelapa dengan sarung laptop yang lainnya. Penggunaan teknologi
dan berdasarkan tujuan perusahaan sarung laptop. dalam hal ini, penggunaan
teknologi dalam proses produksi dan promosi akan meningkatkan penjualan yang
efektif dan efisien sehingga lebih ekonomi dengan penggunaan teknologi. namun,
tujuan perusahaan memiliki dasar penting dalam pelaksanaan usaha. yaitu
memaksimumkan keuntungan. apakah usaha sarung laptop dari serabut kelapa lebih
tinggi daya beli serta keuntungannya dengan sarung laptop biasa dan sudah ada.
C. Analisis Risiko Usaha dan
Persaingan Pasar
Pengembangan awal difokuskan pada mahasiswa, pelajar dan masyarakat yang berada
di lingkungan perusahaan di daerah Padang,
khususnya di daerah Tunggul Hitam, Dadok dan jalan Cendrawasih.
Untuk memaksimalkan peluang yang besar tersebut, tentunya dibutuhkan suatu
ketepatan dan kejelian dalam menempatkan posisi (positioning) di dalam
pasar. Hal ini dimaksudkan agar produk ini mendapatkan tempat yang istimewa
dihati konsumen. Berbekal keunggulan khas dari produk ini dibandingkan dengan
produk pesaing sangat tepat apabila usaha
sarung laptop dari serabut kelapa memasuki pasar sebagi market
challenger (penantang pasar) di pasar regional Sumatera Barat.
Di kota Padang khususnya
juga belum banyak pasar atau toko aksesoris atau took Personal Computer (PC) yang menjual, memproduksi dan menyediakannya
asrung laptop dari serabut kelapa. Banyak dari konsumen yang sengaja membeli ke
luar kota untuk mendapatkan souvenir yang berkualitas, yang memiliki model
sesuai dengan tren, unik dan tentunya harga yang lebih murah. Oleh karena itu
kami memaksimalkan peluang yang sangat besar ini dengan merintis usaha sarung
laptop dari serabut kelapa di kota Padang.
1. Analisi
Risiko
Dalam produk sarung leptop yang kami
tawarkan, disini risiko yang kami hadapi adalah kurangnya minat pesaing dengan
pruduk yang kami hadirkan, karena produk-produk sarung laptop yang lain sudah
lama berdiri dan mempunyai banyak model dan
bentuk sarung leptop sehingga produk kami
kurang laku dipasaran.
2.
Analisis Pesaing
Pasar
Pesaing
Pasar
utama dalam produk ini adalah
toko-toko laptop, tas dan aksesoris Personal Computer (PC) yang
sudah lama berdiri
Pangsa Pasar
A.
Analisis
pasar pada saat ini
1.
Perkembangan
permintaan dan penawaran produk
Produk sarung laptop yang
dihasilkan, berdasarkan pengamatan yang dilakukan dilapangan, dan melihat
proyeksi permintaan dan Penawaran dari Total Permintaan pasar untuk produk,
dimana produk yang ditawarkan dengan
total volume yang dibeli konsumen dalam wilayah geografis tertentu. Sehingga
produk sarung laptop dari sarabut kelapa dapat memenuhi jumlah pembeli dipasar.
Dalam hal ini, usaha dan upaya yang dilakukanyaitu dengan mengestimasi harga
perunit yang laku dengan pembelian rata-rata pertahun.
2.
Perkembangan
harga
Dari
segi harga, sarung laptop dari serabut kelapa yang
kami tawarkan ini sangat
kompetitif dari pesaing yang ada di sekitar tempat kami melakukan penjualan.
Pada prinsipnya, semakin banyak penjual yang menawarkan produk yang serupa,
semakin terbuka kesempatan untuk memilih produk yang sesuai dengan harga yang
ditawarkan.
3.
Jumlah
konsumen potensial
Jumlah konsumen potensial yang
kami perkirakan adalah konsumen yang
berusia 15 tahun sampai 35
tahun yang berada di daerah Padang.
Konsumen yang kami tujukan adalah orang yang bekerja sebagai pegawai. Dari data
badan pusat statistik, kami mendapatkan data berupa :
a. Penduduk
kota padang yang bekerja sebagai
karyawan atau pegawai sekitar 143.825 jiwa.
b. Usia
penduduk dari umur 15-50 tahun sekitar 1.299.354 jiwa.
Dari
data tersebut kami jadikan asumsi sebagai konsumen atau pembeli sarung laptop dari
serabut kelapa dengan presentase 15 % setiap dalam dua criteria di atas. Selain itu kami menargetkan tiga universitas
yang ada di kota padang dalam mengadakan event wisudawan. Universitas yang
menjadi target adalah Universitas
Andalas, Universitas Negeri Padang dan Universitas Bung Hatta.
4.
Kebijakan
pemerintah yang terkait dengan usaha
Dalam
kebijakan pemerintah terkait dengan dukungan pemerintah pembukaaan lapangan
pekerjaaan. Usaha ini akan menciptakan lapangan pekerjaaan sehingga dapat
mengurangi angka pengangguran dan menaikan jumlah pendapatan masyarakat. Selain
itu usaha ini akan menumbuhkan usaha kecil dan menengah dimana usaha ini
menyalurkan kerajinan produk rumah tangga.
5.
Estimasi
kondisi pemasaran pada masa mendatang
a.
Estimasi
perubahan permintaan dan penawaran
(Perubahan permintaan)
Untuk
memprediksikan perubahan permintaan konsumen, kami melakukan inovasi-inovasi akan produk kami permintaan
dan penawaran akan meningkat dimasa mendatang. Perubahan permintaan akan produk
yang lebih menarik dan kreatif membuat kami untuk terus melakukan pembaruan
produk yang kami sediakan.
(Perubahan
selera konsumen)
Kami
mengikuti trend pasar yang berubah sesuai demografi, dan juga perubahan
kebutuhan,serta perubahan atas gaya atau fashion konsumen dan lain-lain. Tergantung pada selera konsumen.
b.
Estimasi
potensi pasar
Dari konsumen potensial yang ada di
kota padang, kami menargetkan konsumen yang akan berbelanja souvenir kepada
toko kami adalah sebagai berikut :
Bulan
|
Jan
|
Feb
|
Mar
|
Apr
|
Mei
|
Jun
|
Agt
|
Sep
|
Okt
|
Nov
|
Des
|
Pelajar,
mahasiswa dan pegawai atau karyawan
|
60
|
30
|
30
|
30
|
30
|
60
|
120
|
30
|
30
|
30
|
60
|
masyarakat
|
|
|
2
|
1
|
|
|
|
3
|
|
|
|
Satuan : orang/ konsumen
Jadi
Jumlah konsumen yang kami targetkan akan berbelanja souvenir 516 konsumen. Data
dari tabel diatas kami buat berdasarkan hasil wawancara yang kami lakukan
dengan pembuat penjual
aksesoris laptop/notebook yang berada di jalan Hamka Air Tawar Barat
di kota Padang. Hasil wawarcara yang kami dapatkan bahwa rata-rata setiap
bulannya mereka mendapat pesanan sekitar 6-10 konsumen. Itu hanya dari satu
toko. Toko pembuat undangan yang berada disana, lebih dari 30 toko. Jadi kami
berasumsi setiap hari rata- rata ada satu sampai dua orang yang memesan undangan penikahan. Itu hanya untuk
bulan-bulan biasa seperti bulan Februari sampai bulan Mei, sedangakn untuk
bulan Januari, Juni dan Desember adalah hari libur sekolah dan biasanya pada
bulan itu banyak acara pernikahan diadakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar