Selasa, 14 Januari 2014

BAB II TUGAS SKB : SLDSK

BAB II
ASPEK PASAR
A.  Bentuk Pasar  dan Analisis Karakteristik Konsumen
Pasar merupakan tempat bertemunya antara penjual dan pembeli, atau saling bertemunya antara kekuatan permintaan dan penawaran untuk membentuk suatu harga. jadi ada tiga faktor utama yang menunjang terjadinya pasar, yaitu orang dengan segala keinginannya, daya beli,  serta tingkah laku dalam pembelian. Mengamati pasar, berkaitan dengan pasar yang fokus pada bisnis dibidang teknologi. Khususnya pasar penjualan laptop/notebook dalam beberapa tahun terakhir semakin meningkat. Hal ini, dapat diamati dilapangan dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat dalam keseharian. Keinginan masyarakat, mahasiswa, pelajar dan pengusaha menggunakan laptop dalam menjalani aktivitas keseharian, menjadi fenomena menarik dalam meningkatnya produksi laptop/notebook dalam berbagai merek. Melihat perkembangan dan pertumbuhan laptop/notebook dipasaran, maka akan kita temukan jenis dan bentuk laptop/notebook dalam berbagai bentuk, kelebihan dan keunikannya. Keinginan masyarakat akan kebutuhan laptop dalam membantu pekerjaan membuat perusahaan-perusahan produksi laptop memikirkan strategi penjualannya dipasaran, baik dari segi kreatifitas, inovatif dan kegunaan perusahaan saling bersaing dalam meningkatkan pelayanan dan penjualan laptop/notebook. Strategi yang dilakukan, dengan memberikan discount, hadiah, bonus dan asesoris laptop/notebook, baik itu mouse, tas, dan sarung laptop/notebook. 
Keberadaan sarung laptop/notebook cukup menarik dalam penjualannya, karena dalam penjualan laptop/notebook, hanya notebook yang mendapatkan sarung. sebaliknya pada pembelian laptop pembeli langsung mendapatkan tas sebagai bonus/hadiah. Fakta dilapangan, tas laptop tidak begitu digemari oleh konsumen, hal ini dapat dilihat keinginan dan banyaknya konsumen yang membeli sarung laptop, yang lebih praktis, sederhana dan menarik jika dibandingkan tas laptop yang berbentuk formal dan tidak menarik.
Pada dasarnya daya beli masyarakat akan laptop cukup tinggi, hal ini didasari oleh keinginan, kebutuhan dan kemampuan beli masyarakat akan laptop. Harga laptop yang bervariasi akan mempengaruhi daya beli konsumen.  Di lain sisi, penjualan asesori laptop juga bervariasi, hal ini dapat diamati dari penjualan sarung laptop yang menarik dan unik dengan harga yang juga bervariasi. Akan tetapi, untuk harga sarung laptop di pasaran masih cukup tinggi atau mahal, dengan harga jual mulai dari Rp 100.000,- s.d Rp. 300.000,-. harga sarung laptop yang cukup tinggi akan mempengaruhi daya beli masyarakat, maka sesuai fenomena ini harga dan bahan baku harus sesuai dengan harga dan kemampuan atau daya beli masyarakat akan produk sarung laptop dari serabut kelapa.
Selain itu, tingkah laku pembeli akan berpengaruh besar terhadap produk yang ditawarkan. dengan dipengaruhi tingkat harga, pembeli juga akan menganalisis kemampuan dan daya beli berdasarkan ketahanan, kualitas, bentuk, merek, keunikan dan kemenarikan sarung laptop. dalam mengamati tingkah laku pembeli, produksi sarung laptop akan diproduksi berdasarkan keinginan dan kemampuan atau daya beli, yang didasarkan atas, kualitas, kreatifitas dan inovatif dalam bentuk dan pengemasan produk.  
Disini bentuk pasar dalam produk bisnis kelompok studi kelayakan bisnis adalah, bentuk “Pasar Pesaingan Sempurna” dimana pada pasar pesaingan sempurna ini adalah aktifitas pesaing tidak tampak karena tidak terbatasnya jumlah produsen (sehingga pangsa pasar menjadi terkotak-kotak atau kecil-kecil) dan konsumen dapat menjual atau membeli beberapa saja tampa ada batas asal bersedia membeli atau menjual pada harga pasar.
1.    Jenis Usaha: Sarung Laptop dari Serabut Kelapa
Penjualan dan penggunaan akan sarung laptop semakin dibutuhkan oleh masyarakat, termasuk Indonesia. Baik itu dikalangan anak-anak, remaja, dan orang dewasa di kota Padang yang menggunakan laptop sebagai media untuk menyelesaikan tugas, baik sekolah, kuliah dan perkantoran. Pentingnya peranan laptop dalam kehidupan keseharian membuat masyarakat, baik pelajar, mahasiswa dan pegawai atau karyawan seringkali membawa laptop kemanapun karena praktis dan dapat digunakan kapanpun dan dimanapun, melihat fenomena ini sarung laptop yang praktis dan dapat dipakai dengan mudah mulai sangat dibutuhkan untuk dapat melindungi keadaan laptop agar tetap awet dan dalam kondisi yang baik. Melihat kebutuhan sarung laptop yang kuat, praktis dan dapat melindungi keadaan dan kondisi laptop, maka peluang bisnis ini memiliki pangsa pasar yang sangat sangat besar, selama laptop dibutuhkan dalam kebutuhan kerja akan membuat penjualan akan laptop selalu meningkat sehingga kebutuhan akan sarung laptop menjadi penting dalam penjualannya.
2.    Lokasi Pabrik dan Tempat Usaha:
Lokasi Pabrik sekaligus lokasi tempat usaha akan di dirikan di daerah Tunggul Hitam, jalan Dadok Padang. Sedangkan untuk tempat usaha pilih berdasarkan analisis dan pengamatan dilapangan, lokasi usaha sangat strategi karena berada dikawasan pusat kota. Akses yang mudah, dilewati dua jalur utama angkutan umum kota Padang, dan banyaknya pelanggan potensial dari mahasiswa UNP maupun Bung Hatta dan STIKES yang berada tidak jauh dari lokasi.
3.    Strategi yang Digunakan: Differensiasi suasana.
Setelah melakukan survey dan pengamatan ke berbagai toko penjualan laptop khususnya di Kota Padang, berkaitan dengan penjualan sarung laptop. Penjualan laptop selalu diiringi dengan pemberian tas laptop, sedangkan untuk sarung laptop hanya diberikan untuk penjualan notebook namun hanya untuk produk-produk notebook tertentu saja. Melihat peluang ini kami merasa produk yang kami tawarkan dapat memenuhi kebutuhan akan sarung laptop, mengamati penjualan sarung laptop yang cukup mahal maka kami yakin penjualan akan sarung laptop dan notebook dari serabut kelapa memiliki prospek yang bagus terutama untuk mahasiswa dan pelajar. Kami menawarkan harga yang lebih rendah, sehingga seluruh pelanggan baik pelajar, mahasiswa, dan karyawan dapat menjangkau dan membeli sarung laptop dari serabut kelapa.
Differensiasi suasana yang kami tawarkan adalah pada desain dan bentuk. Desain sarung laptop yang akan kami tawar akan diambil dari gambar-gambar dan bentuk yang menarik. Baik dari corak warna dan gambar  yang akan membuat suasana hati pemilik sarung laptop menjadi senang dan ceria serta dengan bentuk yang sederhana sampai dengan bentuk yang unik dan menarik sehingga memberikan nuansa rileks, bangga dan ceria pada pemilik sarung laptop yang ditawarkan.
B.  Permintaan dan Penawaran
Analisis permintaan terhadap penjualan sarung laptop, akan menghasilkan perkiraan terhadap produk sarung laptop, karena merupakan suatu alat yang penting dalam manajemen perusahaan atau usaha. Permintaan dapat diartikan sebagai jumlah barang yang dibutuhkan konsumen yang mempunyai kemampuan untuk membeli pada berbagai tingkat harga. harga  sarung laptop dari serabut kelapa mulai dari harga Rp 65.000,- s.d Rp 100.000,-. usaha sarung laptop dari serabut kelapa berusaha mempertimbangkan harga yang terjangkau sehingga permintaan atau kuantitas produk akan naik/meningkata. Dan mempertimbang dari perkiraan penjualan, perusahaan dapat memperkirakan anggaran perusahaan, yaitu tenaga kerja yang dibutuhkan, alat-alat produksi, ketersedian bahan mentah dan daya tamping gudang.
Di sisi lain, penawaran terhadap produk sarung laptop ditawarkan dalam berbagai tingkat harga yang bervariasi, dengan  bentuk dan corak yang menarik serta unik.  dalam penawaran produk sarung laptop dari serabut kelapa, tingkat harga akan dipengaruhi factor produk itu sendiri, Harga barang, yaitu harga sarung laptop lainnya. Dalam produksi dan penjualan sarung laptop dari serabut kelapa akan dipengaruhi oleh harga produk lainnya.  Permintaan dan penewaran akan produk baru dan lama menciptakan persaingan dalam memenuhi kepuasan dan kebutuhan konsumen. harga produk akan sangat mempengaruhi penjualan produk sarung  laptop dari serabut kelapa dengan produk sarung laptop yang telah ada.
Biaya faktor produksi, dalam hal ini berkaitan dengan biaya yang dikeluarkan perusahaan atau bisnis  dalam proses produksi. pengeluaran dalam biaya produksi akan mempengaruhi penjualan sarung laptop serabut kelapa dengan sarung laptop yang lainnya. Penggunaan teknologi dan berdasarkan tujuan perusahaan sarung laptop. dalam hal ini, penggunaan teknologi dalam proses produksi dan promosi akan meningkatkan penjualan yang efektif dan efisien sehingga lebih ekonomi dengan penggunaan teknologi. namun, tujuan perusahaan memiliki dasar penting dalam pelaksanaan usaha. yaitu memaksimumkan keuntungan. apakah usaha sarung laptop dari serabut kelapa lebih tinggi daya beli serta keuntungannya dengan sarung laptop biasa dan sudah ada.
C.  Analisis Risiko Usaha dan Persaingan Pasar
Pengembangan awal difokuskan pada mahasiswa, pelajar dan masyarakat yang berada di lingkungan perusahaan di daerah Padang, khususnya di daerah Tunggul Hitam, Dadok dan jalan Cendrawasih. Untuk memaksimalkan peluang yang besar tersebut, tentunya dibutuhkan suatu ketepatan dan kejelian dalam menempatkan posisi (positioning) di dalam pasar. Hal ini dimaksudkan agar produk ini mendapatkan tempat yang istimewa dihati konsumen. Berbekal keunggulan khas dari produk ini dibandingkan dengan produk pesaing sangat tepat apabila usaha sarung laptop dari serabut kelapa memasuki pasar sebagi market challenger (penantang pasar) di pasar regional Sumatera Barat.
Di kota Padang khususnya juga belum banyak pasar atau toko aksesoris atau took Personal Computer (PC) yang menjual, memproduksi dan menyediakannya asrung laptop dari serabut kelapa. Banyak dari konsumen yang sengaja membeli ke luar kota untuk mendapatkan souvenir yang berkualitas, yang memiliki model sesuai dengan tren, unik dan tentunya harga yang lebih murah. Oleh karena itu kami memaksimalkan peluang yang sangat besar ini dengan merintis usaha sarung laptop dari serabut kelapa di kota Padang.

1.    Analisi Risiko
            Dalam produk sarung leptop yang kami tawarkan, disini risiko yang kami hadapi adalah kurangnya minat pesaing dengan pruduk yang kami hadirkan, karena produk-produk sarung laptop yang lain sudah lama berdiri dan mempunyai banyak model dan bentuk sarung leptop sehingga produk kami kurang laku dipasaran.
2.    Analisis Pesaing Pasar
Pesaing Pasar utama dalam produk ini adalah toko-toko laptop, tas dan aksesoris Personal Computer (PC) yang sudah lama berdiri


Pangsa Pasar

A.  Analisis pasar pada saat ini 
1.    Perkembangan permintaan dan penawaran produk
Produk sarung laptop yang dihasilkan, berdasarkan pengamatan yang dilakukan dilapangan, dan melihat proyeksi permintaan dan Penawaran dari Total Permintaan pasar untuk produk, dimana produk yang ditawarkan  dengan total volume yang dibeli konsumen dalam wilayah geografis tertentu. Sehingga produk sarung laptop dari sarabut kelapa dapat memenuhi jumlah pembeli dipasar. Dalam hal ini, usaha dan upaya yang dilakukanyaitu dengan mengestimasi harga perunit yang laku dengan pembelian rata-rata pertahun.
2.    Perkembangan harga
Dari segi harga, sarung laptop dari serabut kelapa yang kami tawarkan ini sangat kompetitif dari pesaing yang ada di sekitar tempat kami melakukan penjualan. Pada prinsipnya, semakin banyak penjual yang menawarkan produk yang serupa, semakin terbuka kesempatan untuk memilih produk yang sesuai dengan harga yang ditawarkan.
3.    Jumlah konsumen potensial
Jumlah konsumen potensial yang kami  perkirakan adalah konsumen yang berusia 15 tahun sampai 35 tahun  yang berada di daerah Padang. Konsumen yang kami tujukan adalah orang yang bekerja sebagai pegawai. Dari data badan pusat statistik, kami mendapatkan data berupa :
a.       Penduduk  kota padang yang bekerja sebagai karyawan atau pegawai sekitar 143.825 jiwa.
b.      Usia penduduk dari umur 15-50 tahun sekitar 1.299.354  jiwa.
Dari data tersebut kami jadikan asumsi sebagai konsumen atau pembeli sarung laptop dari serabut kelapa dengan presentase 15 % setiap dalam dua criteria di atas.  Selain itu kami menargetkan tiga universitas yang ada di kota padang dalam mengadakan event wisudawan. Universitas yang menjadi target  adalah Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang dan Universitas Bung Hatta.

4.    Kebijakan pemerintah yang terkait dengan usaha
Dalam kebijakan pemerintah terkait dengan dukungan pemerintah pembukaaan lapangan pekerjaaan. Usaha ini akan menciptakan lapangan pekerjaaan sehingga dapat mengurangi angka pengangguran dan menaikan jumlah pendapatan masyarakat. Selain itu usaha ini akan menumbuhkan usaha kecil dan menengah dimana usaha ini menyalurkan kerajinan produk rumah tangga.

5.      Estimasi kondisi pemasaran pada masa mendatang
a.      Estimasi perubahan permintaan dan penawaran
(Perubahan permintaan)
Untuk memprediksikan perubahan permintaan konsumen, kami melakukan  inovasi-inovasi akan produk kami permintaan dan penawaran akan meningkat dimasa mendatang. Perubahan permintaan akan produk yang lebih menarik dan kreatif membuat kami untuk terus melakukan pembaruan produk yang kami sediakan.

(Perubahan selera konsumen)
Kami mengikuti trend pasar yang berubah sesuai demografi, dan juga perubahan kebutuhan,serta perubahan atas gaya atau fashion konsumen dan lain-lain. Tergantung pada selera konsumen.
b.      Estimasi potensi pasar
Dari konsumen potensial yang ada di kota padang, kami menargetkan konsumen yang akan berbelanja souvenir kepada toko kami adalah sebagai berikut :
Bulan
Jan
Feb
Mar
Apr
Mei
Jun
Agt
Sep
Okt
Nov
Des
Pelajar, mahasiswa dan pegawai atau karyawan
60
30
30
30
30
60
120
30
30
30
60
masyarakat


2
1



3



 Satuan : orang/ konsumen
            Jadi Jumlah konsumen yang kami targetkan akan berbelanja souvenir 516 konsumen. Data dari tabel diatas kami buat berdasarkan hasil wawancara yang kami lakukan dengan pembuat penjual aksesoris laptop/notebook yang berada di jalan Hamka Air Tawar Barat di kota Padang. Hasil wawarcara yang kami dapatkan bahwa rata-rata setiap bulannya mereka mendapat pesanan sekitar 6-10 konsumen. Itu hanya dari satu toko. Toko pembuat undangan yang berada disana, lebih dari 30 toko. Jadi kami berasumsi setiap hari rata- rata ada satu sampai dua orang yang  memesan undangan penikahan. Itu hanya untuk bulan-bulan biasa seperti bulan Februari sampai bulan Mei, sedangakn untuk bulan Januari, Juni dan Desember adalah hari libur sekolah dan biasanya pada bulan itu banyak acara pernikahan diadakan.

  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar