BAB III
ASPEK PEMASARAN
A. Analisis STP Segmen Pasar:
Segmen pasar
kami yakni berdasarkan hal-hal berikut :
1. Segmentasi
Demografis
Usia dan Jenis
Kelamin
Usia
15 – 25 tahun : Pelajar & Mahasiswa,
baik itu pelajar SD, SMP dan Mahasiswa.
Usia
25 – 50 tahun : karyawan atau pegawai pemerintahan (PNS) baik guru,
dosen dan karyawan perkantoran.
Segmentasi
Geografis
Pelanggan Potensial berada di
kawasan Lolong Belanti, Tabing dan sekitarnya
2. Targeting:
Jenis Kelamin : laki-laki dan wanita
Usia
: 15 – 50 tahun.
Lokasi : Jalan
Prof Dr. Hamka, Air Tawar Barat dan sekitarnya.
3.
Positioning:
Di
pasarkan melalui jejaring sosial, mulut ke mulut dan brosur. Dan apa yang kami tawarkan itulah yang akan kami
janjikan untuk pelanggan.
B. Analisis Sikap, Prilaku dan Kepuasan Konsumen
1.
Sikap Konsumen
Sikap memainkan peran yang
penting dalam membentuk suatu prilaku. Pada umumnya sikap berperan dalam
menentukan efektivitas kegiatan pemasaran. dalam menjalankan usaha dan
memproduksi sarung laptop yang terbuat dari serabut kelapa sehingga dapat
mempengaruhi sikap pembeli atau konsumen. rencana pemasaran menjadi hal yang
penting, dalam hal ini perlu menganalisis kebutuhan dan keinginan konsumen
sehingga konsumen tertarik untuk membeli produk sarung laptop dari serabut
kelapa.
2.
Prilaku Konsumen
Prilaku konsumen tidak dapat
secara langsung dikendalikan oleh perusahaan. Prilaku konsumen menjadi acuan
dan dasar yang penting dalam mempengaruhi tindakan konsumen untuk membeli atau
tidak produk sarung laptop. dalam hal ini pemasaran yang dilakakun harus dapat
mempengaruhi tindakan atau prilaku konsumen dengan pemasaran yang dilakukan,
pemsaran yang dilakukan sesuai dengan keadaan social dan budaya konsumen, yaitu
produk yang ditawarkan mampu memberikan secara tidak langsung terhadap ketertarikan
dan daya beli konsumen.
3.
Kepuasan
Konsumen
kepuasan konsumen adalah
tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan antara apa yang dia terima dan
harapannya. dalam usaha ini produk yang dihasilkan lebih berfokus pada
kepuasan konsumen, karena kepuasan konsumen adalah prioritas dalam keberhasilan dan keberlanjutan usaha sarung
laptop dari serabut kelapa, maka pada produk ini sikap
dan prilaku tidak begitu mempengaruhi produk
yang dihasilkan secara langsung. selain itu hal yang terpenting dalam menjalankan usaha
ini, berusaha menciptakan suasana yang menciptakan kepuasan terhadap pelanggan,
yaitu dengan menghargai konsumen yang mengunjungi tempat usaha.
C. Analisis Strategi Pemasaran (Marketing Mix)
1. Produk
Produk kami berupa jenis-jenis
sarung leptop yang akan ditawarkan. Untuk memenuhi
kebutuhan dan keinginan konsumen, produk kami
menyediakan layanan seperti:
· Sabut
kelapa
· Gunting
· Kain
· Busa
· Pc
foam
· Resleting
· Karet
elastis
· Kain
spunbond hitam
· Benang
jahit sunda
· Jarum
jahit
Seiring
berjalannya bisnis ini, kemungkinan untuk menambah jenis produk sarung leptop
akan sangat mungkin. Namun, kualitas pelayanan dari berbagai jenis produk yang
kami tawarkan akan tetap unggul dari waktu ke waktu. Adapun jenis
produk Sarung Laptop dari Serabut Kelapa, adalah sebagai berikut :
Postal Envelope Notebook Sleeve.
Cassette Tape Tote Bag.
NES Notebook Case.
Wooden Laptop Case.
Red
Maloo Laptop Sleeve.
2. Pricing
Kami
berusaha menyediakan harga yang bersaing kepada pelanggan tanpa menurunkan
kualitas,yaitu dengan harga dari Rp
65.000,- s.d Rp 100.000,-
3. Place
Sebagai
usaha yang menyediakan produk sarung
laptop, usaha yang
dijalankan yaitu dengan cara memilih
mendistribusikan secara langsung produk pelayanan langsung kepada pelanggan. Konsumen langsung datang ke
lokasi usahadan dapat memilih jenis, bentuk dan harga sarung
laptop yang diinginkan. Cara pendistribusian langsung ini
tidak menutup kemungkinan untuk mendatangi atau
menawarkan secara langsung kepada konsumen.
4. Promotion
Usaha dan langkah memasarkan produk sarung laptop dari
serabut kelapa, langkah mempromosikan produk yaitu melalui
media-media terkini, yang mudah di akses siapa saja, yaitu melalui radio anak
muda, twitter, membuat akun fan page salon di facebook dan melalui brosur yang
akan disebar ke tempat-tempat umum.
5. Procces
Dalam
menjalankan usaha sarung laptop
dari serabut kelapa, terdapat beberapa alur standar yang akan dilalui
dalam proses produksi. Proses jalannya usaha, pertama kali akan dilakukan, proses pengelohan serabut kelapa,
produksi sarung laptop sampai konsumen datang kelokasi usaha.
6. People
Selain
menawarkan diferensiasi suasana, bentuk, jenis dan berbagai harga yang
bervariasi kepada konsumen,
dalam usaha ini, langkah
memberikan kualitas pelayanan dan produk yang prima menjadi prioritas dalam keberhasilan usaha.
Kualitas yang prima akan dapatkan dengan merekrut tenaga-tenaga ahli berpengalaman
di bidang dasing, seni dan kreatifitas
usaha dan inovatif dalam berbagai bentuk asesoris modern.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar